PERJUANGAN : SEBUAH KISAH KECIL

Hari ini saya bersama mahasiswa belajar matakuliah Analisis Real 2. Sebagian besar sepakat bahwa matakuliah ini sangat menantang karena berisi pembuktian matematika. Akan tetapi, bagi sebagian kecil orang, matakuliah ini sangat menarik karena melatih kita untuk berpikir sistematis, kritis dan kreatif. Bukankah orang-orang kreatif akan lebih berhasil dalam hidupnya? Selain itu, matakuliah ini mengajak kita untuk menjadi orang yang tahan uji. Sebagai contoh, misalkan seseorang menghadapi masalah pembuktian matematika yang “menantang” (saya tidak suka mengatakan sulit, karena didunia ini tidak ada yang “sulit” yang ada hanyalah tidak “tahu”), bagi orang yang gampang menyerah, ketika ia berusaha dan tidak bisa, maka ia mengatakan pada dirinya sendiri bahwa masalah itu memang diluar kemampuannya.

Akan tetapi, bagi orang yang mau terus mengasah kemampuannya dan terus berusaha untuk menyelesaikannya dengan cara membaca buku/teori kembali, mencoba menyelesaikan kembali atau bertanya pada orang lain, maka akan muncul karakter “tahan uji”. Pengalaman saya menunjukkan bahwa kalau kita terus berusaha dan pantang menyerah maka masalah sesulit apa pun pasti dapat kita selesaikan. Ini sesuai dengan motto hidup saya “di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, yang ada hanyalah tidak mau”.

Motto ini muncul ketika saya menonton film kungfu Cina pada waktu SMP. Ada seorang anak kecil yang badannya paling kurus di antara teman-temannya. Karena kurus itu, ia tidak dapat berlatih kungfu seperti yang lain dan hanya menjadi tukang sapu. Akan tetapi karena kemauannya yang kuat untuk berlatih kungfu, maka pada saat teman-temannya berlatih kungfu, ia berusaha melihat dan memahaminya. Waktu malam hari, saat teman-temannya sudah tertidur lelap, anak kurus tadi berlatih kungfu sendiri dengan mengulang apa yang dilihatnya hari itu. Suatu malam, guru kungfunya memperhatikan apa yang dilakukan oleh si anak kurus tadi dan ia berkata suatu kalimat yang saya ingat hingga saat ini yaitu motto hidup saya tadi.

Bagi mahasiswa yang sedang belajar Analisis Real 2 dan bagi pembaca,

BERJUANGLAH DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH UNTUK MERAIH APA YANG DICITA-CITAKAN, KARENA DI DUNIA INI TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN YANG ADA HANYALAH TIDAK MAU.

Selamat bekerja dan berjuang.

Salam 3 Jari

Tentang Jackson Pasini Mairing

Dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s