PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN (suatu ide kreatif)

Pada matakuliah Kemampuan Dasar Membelajarkan (KDM), saya menantang mahasiswa untuk mengembangkan suatu pembelajaran penjumlahan pecahan sehingga siswa-siswa dapat menjawab pertanyaan “mengapa dalam menjumlahkan dua pecahan yang berpenyebut sama tinggal dijumlahkan pembilang-pembilangnya” atau “mengapa dalam menjumlahkan pecahan dengan penyebut tidak sama harus disamakan terlebih dahulu penyebutnya?” atau “mengapa … ?”. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mengapa tersebut tidak boleh karena “memang sudah rumusnya atau aturannya demikian”.

Pembelajaran yang membantu siswa dapat menjawab pertanyaan “mengapa” tersebut merupakan pembelajaran yang menekankan pada pengetahuan konseptual. Pemahaman ini seharusnya mendahului aturan-aturan dalam menjumlahkan dua pecahan (pengetahuan prosedural).

Setelah dua minggu mahasiswa-mahasiswa berusaha, akhirnya diperoleh dua RPP terbaik (karya Pujja Sari Purnama dan Saripah). Pembaca yang tertarik mempelajarinya silahkan diunduh dengan mengklik:

RPP PUJJA SARI PURNAMA atau RPP SARIPAH.

Tentang Jackson Pasini Mairing

Dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s