Sertifikasi Guru yang Gagal???

Baru-baru ini ada ulasan di editorial Media Indonesia dengan topik:

SERTIFIKASI GURU YANG GAGAL
(Editorial Media Indonesia Sabtu, 17 Nopember 2012)

ANGGARAN besar, hasil kerdil, itulah ironi pendidikan nasional. Anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN yang telah dijamin konstitusi ternyata tidak mampu membuat kualitas pendidikan kita menjadi lebih baik. Anggaran besar telah dihabiskan, tetapi kualitas pendidikan kita tetap jalan di tempat. Salah satu indikatornya ialah program sertifikasi guru yang dinilai gagal meningkatkan kualitas guru dalam mengajar.

Hasil survei Bank Dunia tentang kegiatan belajar-mengajar pada 2011 di beberapa negara, termasuk Indonesia, yang dirilis di Doha, Qatar, Kamis (15/11), menegaskan kegagalan program yang telah berlangsung selama lima tahun tersebut. Hasil survei itu secara eksplisit menyimpulkan program sertifikasi guru tidak mengubah kualitas kegiatan belajar-mengajar di kelas. Penguasaan siswa terhadap materi dan pelaksanaan pembelajaran dengan pedagogi pun dilaporkan lemah. Kemampuan siswa menguasai pelajaran setelah ada program sertifikasi masih sama dengan sebelum ada program tersebut.

Untuk menjawab apa yang diungkapkan dalam editorial tersebut seharusnya guru mulai saat ini menerapkan pembelajaran yang inovatif. Untuk itu dalam kegiatan PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN, saya mengangkat topik PEMBELAJARAN INOVATIF. Tujuannya agar kita sebagai tenaga pendidik dapat meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Slide powerpoint topik ini dapat diunduh dengan mengklik PEMBELAJARAN INOVATIF.

Tentang Jackson Pasini Mairing

Dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s