Pembelajaran Matematika Menyenangkan?

Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Bukan hanya siswa, beberapa guru juga akan bertanya “apa mungkin menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan?” Karena itu saya tertarik untuk membuat makalah yang judulnya merupakan pertanyaan “pembelajaran matematika menyenangkan?”.
Guru tentunya sudah mengetahui bahwa pembelajaran matematika seharusnya berpusat pada siswa, bukan pada guru. Belajar matematika merupakan proses membangun atau mengkonstruksi konsep-konsep dan prinsip-prinsip, tidak sekedar “penggrojokan” yang terkesan pasif dan statis, namun belajar harus aktif dan dinamis. Karena itu belajar merupakan proses aktif untuk mengembangkan skemata, sehingga pengetahuan matematika yang terdiri dari konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang terkait satu sama lain bagaikan “jaring laba-laba” dan tidak sekedar tersusun secara hirarkhis (Hudojo, 2005: 33).
Pertanyaannya adalah bagaimana melaksanakan pembelajaran yang demikian? Bagaimana menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa? Tentunya sebagian besar guru juga sudah mengetahui jawabannya yaitu menggunakan pendekatan/metode/strategi yang berlandaskan konstruktivisme.
Untuk mempelajarinya lebih lanjut silahkan download dengan mengklik di PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Tentang Jackson Pasini Mairing

Dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s