Latar Belakang Penelitian: Bagaimana Membuatnya?

Beberapa hari lalu masuk 4 judul yang diusulkan mahasiswa ke Tim Seleksi Judul. Ada fenomena menarik dari latar belakang yang ditulis mahasiswa. Berikut kutipannya …….. Jika menyimak kutipan di atas tampak jelas “betapa buruknya” sekolah-sekolah di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya.
Padahal sebenarnya saya yakin mahasiswa-mahasiswa tersebut tidak bermaksud “memberi cap negatif” untuk sekolah-sekolah tersebut. Mereka hanya ingin membuat suatu latar belakang yang “dapat diterima”. Akan tetapi tidak mengetahui bagaimana membuat latar belakang yang mendukung pertanyaan penelitian.

Misalnya seorang mahasiswa ingin melakukan penelitian dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMPN C Palangkaraya pada Materi Bangun Ruang dengan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan tipe TAI”. Apa saja yang perlu ada dalam latar belakangnya. Kerangka berikut ini dapat dikembangkan lagi, disesuaikan dengan kondisi penelitian. Akan tetapi kerangka ini dapat dijadikan acuan sederhana dalam mengembangkan suatu latar belakang yang relevan untuk judul penelitian di atas.

Untuk mempelajarinya lebih lengkap, silahkan klik di LATAR BELAKANG

Tentang Jackson Pasini Mairing

Dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s